3 Hal Sederhana Yang Dapat Kita Pelajari Dari Anak Kecil

Pada dasarnya setiap manusia akan dating masanya menjadi dewasa, hanya saja banyak dari orang dewasa merindukan masa-masa saat mereka masih kanak-kanak. Tentu hal tersebut adalah sebuah kewajaran, dimana waktu sudah tidak dapat kembali lagi dan terkadang hidup seringkali terasa sangat melelahkan.

Ada kalanya kita tak hanya perlu mendidik anak yang masih kecil, melainkan juga perlu banyak sekali belajar dari mereka. Mari kita sejenak menjadi anak kecil dan merenungi 'keberhasilan' pendewasaan diri hingga hari ini.

Belajar Tertawa Dan Optimis

Kalau anak kecil seperti orang dewasa yang mudah putus asa, maka tak akan ada orang dewasa yang bisa berjalan di atas kakinya sendiri sekarang. Saat kita kecil, kita belajar berjalan, terhuyung, terjatuh, menangis. Lalu kemudian kita bangkit dan mengulanginya lagi sampai kita bisa dan tertawa lega.

Masalah apa yang solusinya tidak sama dengan latihan berjalan agar tidak terjatuh? Hidup ini adalah sebuah perjalanan yang kadang tersandung. Yang Anda perlukan hanya menghadapi dan melaluinya dengan tetap tersenyum dan optimis. Anda pasti bisa. 

Melepaskan Dendam Dan Tidak Membesarkan Masalah

Bagi seorang anak, perkelahian yang terjadi hari ini akan menjadi sangat serius. Namun ia akan melupakannya esok hari. Apa yang kita lakukan sekarang?

Perbedaan pendapat seringkali membuat kita lupa, kita lebih senang menilai negatif pada seseorang dan masalahnya hal tersebut membuat kita malu untuk mengakui kesalahan atau mengatakan kata maaf lebih awal. Kita lebih senang untuk terus bermusuhan dengan sepenggal pendapat yang berbeda ketimbang dengan ratusan bahkan ribuan persamaan diantara kita. Coba pikirkan lebih seksama, sebegitu berhargakah sebuah perbedaan pendapat hingga lebih memilih dendam untuk dipertahankan? Atau, ini hanya masalah gengsi semata?

Percaya Pada Impian

Anak kecil memiliki banyak impian dan dunia imajinasi yang tak terbatas. Orang dewasa seringkali tersekat dengan logika dan realita. Namun ada baiknya Anda menjadi anak kecil yang percaya pada mimpi Anda.

Agar mimpi Anda yang mulia itu cukup berharga untuk dipertahankan, imbangi dengan usaha yang real. Percaya pada impian seperti anak kecil, berbeda dengan hidup dengan cara yang kekanak-kanakan.

Terkadang kita lupa bahwa kita tak lebih 'dewasa' dari seorang anak kecil. Kadang kita tak lebih jujur dan fair seperti anak-anak yang kita anggap belum tahu apa-apa. Coba sejenak menoleh ke belakang ketika kita yang masih kecil di masa lalu dan belajarlah hal kecil darinya kebaikan yang tertinggal di masa kecil anda.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "3 Hal Sederhana Yang Dapat Kita Pelajari Dari Anak Kecil"

Posting Komentar